LIGA INGGRIS
Preview Liverpool Vs Manchester City: Awas Pecah Konsentrasi

Liverpool (JIBI/Reuters/John Sibley)

Liga Inggris mengupas tentang preview pertandingan Liverpool vs Manchester City.

Harianjogja.com, LIVERPOOL — Liverpool masih larut dalam euforia karena keberhasilan mereka mendatangkan Virgil van Dijk dengan rekor transfer bek termahal di dunia.

The Reds, julukan Liverpool, rela merogoh 75 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) untuk menggaet defender asal Belanda tersebut. Pasukan Jurgen Klopp mengalahkan pesaing-pesaing mereka seperti duo Manchester yang juga ngebet mendapatkan tanda tangan Van Dijk dari Southampton.

Di sisi lain, pendukung The Reds diliputi ketakutan transfer Van Dijk berkaitan dengan rumor kepindahan Coutinho ke klub lain. Sebagian mereka percaya dana untuk membeli Van Dijk akan terbayar apabila Liverpool menjual Coutinho ke Barcelona.

Di luar adanya kemungkinan-kemungkinan itu, Liverpool harus melupakan hiruk-pikuk menjelang pembukaan bursa transfer Januari nanti. Mohamed Salah dkk. akan menghadapi juara Liga Premier dua musim lalu, Leicester City, di Anfield, Liverpool, Sabtu (30/12/2017) pukul 22.00 WIB.

Van Dijk belum bisa dimainkan Liverpool meski sudah berpamitan dengan rekan-rekannya di Southampton. Mantan bek Celtic tersebut baru bisa membela The Reds ketika bursa transfer Januari resmi dibuka, tepatnya ketika melawan Everton pada Derby Merseyside babak ketiga Piala FA, 6 Januari 2018 nanti.

Van Dijk direncanakan akan duduk di tribune VIP Stadion Anfield untuk menyaksikan rekan-rekan barunya meladeni Leicester. Toh, Klopp juga tidak mau buru-buru memainkan Van Dijk meski Liverpool sudah rela merogoh dana yang sangat wah bagi seorang bek.

“Dia harus berdaptasi dengan gaya permainan kami. Ini benar-benar beda, namun kami yakin dia akan mampu beradaptasi. Saya senang akhirnya [transfer Van Dijk tuntas] namun kami tidak buru-buru [memainkannya],” jelas Klopp, seperti dilansir dailymail.co.uk, Jumat (29/12/2017).

Klopp menelan tiga kekalahan dalam enam pertemuan melawan tim berjuluk The Foxes tersebut. Celakanya, The Foxes mulai memperbaiki performanya sejak dilatih Claude Puel. Pelatih asal Prancis itu membawa Leicester menorehkan lima kali menang, empat kali seri, dan hanya menelan tiga kekalahan dalam 15 laga di semua kompetisi.

Posisi Riyad Mahrez dkk. pun pelan-pelan merangkak hingga peringkat kedelapan klasemen sementara Liga Premier.  Sayang, The Foxes menelan dua kekalahan dalam tiga pertandingan terbaru mereka di Liga Premier.

Puel yang pernah menangani Van Dijk di Southampton memprediksi mantan anak buahnya itu akan sukses di Anfield. “Dia salah satu bek terbaik di dunia dan dia punya semua kualitas untuk menjadi terbaik. Itu fantastis untuk Liverpool,” jelas Puel, dilansir eurosport.com.

Saat Van Dijk masih menunggu waktu agar bisa membela Liverpool secara resmi di lapangan, pertahanan The Reds masih bertumpu pada Ragnar Klavan dan Joel Matip. Bek-bek The Reds itu  harus berhati-hati dengan ancaman yang bisa diberikan striker Leicester, Jamie Vardy. Enam dari delapan gol terbaru Leicester ke gawang Liverpool berasal dari striker asal Inggris ini.

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga »