Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 1 Januari

Pesawat milik Jerman yang jatuh di Brussels, Belgia kala menyerang pasukan Sekutu, 1 Januari 1945. (Wikimedia.org)Pesawat milik Jerman yang jatuh di Brussels, Belgia kala menyerang pasukan Sekutu, 1 Januari 1945. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 1 Januari.

Harianjogja.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 1 Januari.

45 SM
Perayaan Tahun Baru yang jatuh pada 1 Januari kali pertama dirayakan. Perayaan itu dilaksanakan di Kekaisaran Romawi setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar dan mengganti sistem kalender tradisional Romawi dengan sistem kalender Julian.

Penjelajah asal Prancis Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier. (Wikimedia.org)

Penjelajah asal Prancis Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier. (Wikimedia.org)

1739
Penjelajah asal Prancis Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier menemukan pulau di selatan Samudra Atlantik, sebelah barat daya Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Pulau tersebut kemudian dinamai Pulau Bouvet. Kini, pulau yang dianggap sebagai salah satu pulau terpencil di dunia itu diklaim sebagai wilayah kekuasaan Norwegia.

1804
Haiti mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis yang menguasainya sejak 1625. Haiti merupakan negara kedua di Amerika Utara yang merdeka setelah Amerika Serikat (AS).

1912
Pendirian Republik Tiongkok diproklamasikan untuk mengakhiri pemerintahan monarki Dinasti Qing. Pada 12 Februari di tahun yang sama, Dinasti Qing secara resmi dinyatakan telah runtuh.

1945
Angkatan Udara Jerman melancarkan serangan ke Belgia, Belanda, dan Prancis demi mengusir pasukan Sekutu. Serangan itu dianggap gagal karena pasukan Sekutu bergeming dari negara-negara tersebut meski Jerman melakukan serangan. Pasukan Sekutu justru membalas serangan itu melalui pertempuran udara yang menyebabkan tewasnya para pilot Jerman.

1945
Pasukan Jerman mulai melaksanakan Operasi Konrad demi mengusir tentara Uni Soviet yang mengepung Kota Budapest, Hungaria sejak tiga hari sebelumnya. Operasi yang berlangsung hingga 13 Februari 1945 itu berakhir dengan kegagalan. Uni Soviet yang berhasil mengalahkan Jerman kemudian menduduki Kota Budapest.

1959
Revolusi Kuba berakhir dengan kemenangan komunis yang berhasil menjatuhkan pemerintahan Fulgencio Batista yang didukung Amerika Serikat AS. Batista kemudian melarikan diri ke Republik Dominika. Kini, hari berakhirnya revolusi itu diperingati warga Kuba sebagai Hari Pembebasan.

1984
Brunei Darussalam secara resmi meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelumnya, Brunei telah dikuasai Inggris sejak akhir abad ke-19.

Lee Sung-min. (Soompi.com)

Lee Sung-min. (Soompi.com)

1986
Lee Sung-min lahir di Ilsan, Goyang, Gyeonggi, Korea Selatan (Korsel). Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi sekaligus penari yang menjadi anggota salah boy band ternama asal Korsel, Super Junior. Sung-min menjadi anggota Super Junior sejak 2005.

1995
World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia secara resmi didirikan. WTO merupakan organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan yang mendefinisikan aturan perdagangan kepada anggotanya. Kini, WTO bermarkas di Jenewa Swiss. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Desember

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Desember

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Desember

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »