SERBA LIMA
5 Pesta Kembang Api Super Mewah di Dunia

Kembang api di Burj Khalifa saat sambut tahun 2016 (pakistanreview.com)Kembang api di Burj Khalifa saat sambut tahun 2016 (pakistanreview.com)

Pesta kembang api tak hanya identik untuk perayaan tahun baru.

Harianjogja.com, SOLO – Kembang api merupakan cabang dari ilmu piroteknik atau teknologi api. Dalam aplikasinya, kembang api biasa digunakan untuk merayakan suatu hal. Kembang api biasa digunakan untuk merayakan tahun baru, hari kemerdekaan, hingga digunakan sebagai objek lomba.

Masih di momen-momen perayaan tahun baru yang penuh kembang api, Harianjogja.com, Senin (1/1/2018) mencoba membuat rangkuman lima pertunjukan kembang api dari berbagai negara yang terlampau mewah hingga ada yang mencetak rekor.

Pesta kembang api ini tak selalu untuk merayakan tahun baru, ada yang menandai hari kemerdekaan, atau sebuah lomba.

Dihimpun dari berbagai sumber, ini lima kembang api mewah dari berbagai negara.

Abu Dhabi – Uni Emirat Arab (2010)

Uni Emirat Arab menjadi negara yang rutin menyajikan pertunjukan kembang api mewah setiap malam tahun baru. Di malam menjelang tahun baru 2010, Kota Abu Dhabi menyajikan pesta kembang api dengan biaya 20 juta dolar AS atau Rp270 miliar.

Di masanya, kembang api tersebut menjadi yang terbesar dan temahal, namun seiring berjalannya waktu rekor terbesar sudah dipecahkan.

Dubai – Uni Emirat Arab (2013 & 2015)

Masih di Uni Emirat Arab di mana segala hal mewah. Dua perayaan tahun baru di Dubai mencetak rekor dunia karena kembang apinya. Pada perayaan tahun baru 2013, menara Burj Khalifa mencetak rekor dunia. Pada waktu itu kembang api menyala selama enam menit, membakar 479.651 selongsong kembang api. Hal itu berarti 79.941 selongsong kembang api tiap menit. Rekor dunia baru dengan menyalakan selongsong kembang api terbanyak dalam satu menit.

Pada 2015 Burj Khalifa kembali mencetak rekor dengan kembang api tertinggi yang dipasang di gedung. Pada waktu itu kembang api berada di sisi gedung hingga puncaknya setinggi 828 meter. Kembang api lebih dari 1,6 ton dibakar tak sampai 10 menit.

Cannes – Prancis (Tahunan)

Bukan hanya sebagai rumah Festival Film Cannes, kota Cannes juga rumah bagi seniman kembang api. Kota tersebut rutin mengadakan Cannes Fireworks Festival atau Le Festival D;art Pyrotehcnique Cannes.

Festival tersebut biasanya diadakan selama lima hari saat musim panas. Peserta biasanya menggabungkan seni kembang api dengan musik. Tiap peserta diberi waktu 25 menit untuk unjuk kebolehan.

New York – Amerika Serikat ( 4 Juli)

Pesta kembang api sudah menjadi rutinitas saat memperingati hari kemerdekaan di Amerika Serikat. Hampir semua negara bagian memiliki pesta kembang api. Salah satu yang terbesar berada di New York. Uniknya, di New York tidak pernah dirilis biaya pasti untuk pesta kembang api tahunan tersebut. Dikutip dari Chron.com, dengan rata-rata 1600 selongsong kembang api dibakar tiap menit, pesta kembang api di New York bisa menghabiskan setidaknya 6 juta dolar AS atau Rp81 miliar.

Manila – Filipina (2016)

Pada perayaan tahun baru 2016, pesta kembang api terbesar di dunia bukan terjadi di Dubai, New York, atau Australia. Namun terjadi di Manila, Filipina, salah satu negara di Asia Tenggara. Sebanyak 810.904 kembang api dinyalakan di Gereja Iglesia Ni Cristo.

 

 

 

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »