PIALA FA
Tak ada VAR di Derby Merseyside

Liverpool vs Everton (JIBI/REUTERS/Phil Noble)

Piala FA akan menyajikan duel Liverpool vs Everton.

Harianjogja.com, LIVERPOOLVideo Assistant Referee (VAR) bukan hal asing lagi di sepak bola Italia dan Jerman. VAR sudah resmi diterapkan di Seri-A Italia dan Bundesliga Jerman pada 2017/2018 ini.

Penggunaan VAR mulai merambah Inggris. VAR tidak langsung dipakai di Liga Premier Inggris. Namun, lebih dahulu dipakai pada babak ketiga Piala FA. Meski demikian, tidak semua pertandingan di babak ketiga ini akan memakai VAR, termasuk Derby Merseyside antara Liverpool versus Everton di Anfield, Sabtu (6/1/2017) WIB.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) hanya akan menjajal VAR pada satu pertandingan, yakni Brighton Hove Albion versus Crystal Palace, Selasa (9/1/2018) dini hari WIB mendatang. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Kamis (4/1/2018), Andre Marriner akan bertugas sebagai wasit dalam pertandingan tersebut.

Sementara Neil Swarbrick akan ditugasi sebagai VAR. Jadi Swarbrick akan bertugas mengamati video ketika wasit Marriner memintanya membantu pengambilan keputusan. Swarbrick juga akan dibantu Peter Kirkup sebagai asisten VAR (AVAR).

Pemakaian VAR pernah menimbulkan beberapa keputusan kontroversial. Di Italia musim ini, VAR kerap menimbulkan protes dari manajer dan klub. Mereka merasa dirugikan dengan tindakan wasit yang justru mengeluarkan keputusan-keputusan kontroversial setelah berkonsultasi dengan VAR.

Namun, FA bergeming. Selain akan dijajal di Piala FA, FA juga akan memakainya pada Piala Liga atau Carabao Cup saat Chelsea dan Arsenal bertemu dalam dua leg pada babak semifinal, Januari 2018 ini.

VAR sebenarnya pernah dipakai sebelumnya di dua pertandingan di Inggris. Yakni saat laga persahabatan Inggris melawan Jerman dan Brasil di Stadion Wembley, November 2017 lalu. Namun, wasit pertandingan tidak “memanfaatkan” VAR untuk membuat keputusan kala itu.

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga »