SD Muhammadiyah Pakel Rayakan Milad ke-51 & Resmikan Gedung Baru

SD Muhammadiyah Pakel dan PCM berinisiatif melakukan pembangunan gedung baru. (IST/Dok SD Muhammadiyah Pakel)SD Muhammadiyah Pakel dan PCM berinisiatif melakukan pembangunan gedung baru. (IST/Dok SD Muhammadiyah Pakel)

Berbagai kegiatan akan meramaian milad ke-51 dan peresmian gedung

Harianjogja.com, JOGJA-SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta merayakan milad ke-51 pada Minggu (7/1/2018). Momen tersebut sekaligus akan diwarnai peresmian gedung baru berlantai tiga yang pembangunannya rampung akhir Desember 2017.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (5/1/2018) yang derada di Jl Pakel Baru 40, Sorosutan, Umbulharjo merupakan satu-satunya SD Muhammadiyah di Jogja yang telah menerapkan system Fullday School sejak tahun 1998. Lantaran semakin besar antusiasme orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Pakel, pihak sekolah dengan PCM berinisiatif melakukan pembangunan gedung baru sebab gedung yang sudah ada tidak mencukupi.

Akhirnya, pada 2015 sekolah membebaskan tanah seluas 300 M untuk dibangun gedung berlantai tiga.“Kami merasa bersalah karena beberapa tahun terakhir sering menolak siswa baru karena kuota kelas yang terbatas. Maka kami selaku PCM senantiasa mendorong dan membantu pihak sekolah untuk segera mencari lahan dan melakukan pembangunan gedung sebagai ruang kelas baru. Alhamdulilah mendapatkan lahan di utara kampus SD Muhammadiyah Pakel unit 1,” kata Mursih Haryono, Ketua PCM Umbulharjo.

Gedung unit tiga yang dibangun di atas lahan seluas 300 meter itu akan diresmikan Ketua Umum PP Muhammadiyah. Lantai satu dan dua gedung baru tersebut akan digunakan sebagai ruang kelas siswa, sedangkan lantai tiga digunakan untuk aula sekolah. Selain itu, digelar pula jalan sehat dan sepeda hias bagi seluruh warga sekolah, donor darah, pemeriksaan kesehatan gigi gratis, dan pentas seni.

Menik Kamriana, Kepala SD Muhammadiyah Pakel mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan SD Muhammadiyah Pakel kepada masyarakat sekaligus menunjukkan keberadaan SD ini juga bermanfaat untuk masyarakat luas. Di samping itu, acara ini juga wujud syukur lantaran pada 2017 mendapat banyak hadiah, yaitu sekolah terakreditasi A dengan nilai 96 berpredikat Unggul dan siswa yang mendaftar di sekolah sudah hampir memenuhi kuota.

“Dengan adanya kegiatan tahunan seperti ini, harapan kami SD Muhammadiyah Pakel ke depan semakin mendapat dukungan dari masyarakat sehingga sekolah ini mampu menjadi pilihan utama bagi orang tuanya untuk menyekolahkan putra-putrinya” kata .

Dahuri, Humas Sekolah mengatakan, kegiatan milad ke-51 sekaligus peresmian gedung baru tersebut rencananya diikuti 2.000 peserta dari semua warga sekolah, sponsor, tamu undangan, dan masyarakat sekitar. “Panitia Milad menyiapkan undangan dan kupon sebanyak 2.000 dengan harapan acara akan semakin meriah. Banyak doorprice yang disipakan panitia, diantaranya hadiah utama kulkas, mesin cuci dan sepeda gunung serta ratusan hadiah hiburan lainnya,” ungkap dia.

Kegiatan tersebut berpusat di komplek Masjid Mataram dan sepanjang jalan Pakel Baru. Acara dimulai pukul 06.30 WIB dengan jalan sehat dan sepeda hias kemudian dilanjutkan peresmian gedung baru. Aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis digelar di UKS dan ruang kelas satu. Adapun pentas seni akan diisi berbagai atraksi anak-anak, seperti drumben, mayoret, tari, Tapak Suci, hizbul wathan, pidato Bahasa Arab dan tahfidz.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Menarik Juga »