TRANSFER PEMAIN
Coutinho Kok Dilepas, Liverpool?

Philippe Coutinho merayakan gol. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Transfer pemain diwarnai dengan hengkangnya Philippe Coutinho ke Barcelona.

Harianjogja.com, LIVERPOOL โ€“ Liverpool akhirnya melepas Philippe Coutinho ke Barcelona. Pemain asal Brasil itu tinggal menuntaskan tes medis dan kesepakatan pribadi dengan klub asal Catalan itu. The Reds sendiri disebut mendapatkan dana transfer senilai 160 juta euro atau setara dengan Rp2,58 triliun hasil penjualan Coutinho.

[Baca: Gabung Barca, Coutinho Jadi Pemain Termahal Dunia Kedua]

Keputusan melepas Coutinho di bursa transfer musim dingin pun dipertanyakan. Pasalnya, Coutinho merupakan pilar utama Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp musim ini. Bahkan, pemain 25 tahun itu tampil cukup tajam dengan gelontoran gol dan assist.

Apalagi, Liverpool sudah mati-matian mempertahankan Coutinho pada musim panas lalu. Ya, saat itu Coutinho memang ingin pergi ke Barca yang menginginkannya. Tapi, Liverpool ngotot tak mau menjual si pemain dan menolak tawaran Barca sebanyak tiga kali.

Isu kepindahan Coutinho lantas muncul pada musim dingin ini. Sejumlah kalangan menyebut hengkangnya Coutinho di tengah musim akan merugikan Liverpool karena dia adalah andalan di lini tengah. Klopp menyadari hal itu dan menyatakan sebenarnya tak ingin menjual si pemain. Meski begitu usaha Liverpool untuk mempertahankan si pemain tetap gagal.

“[Transfer] itu diiringi dengan keengganan yang besar bahwa kami sebagai sebuah tim dan klub bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang teman baik, seseorang yang menakjubkan dan seorang pemain fantastis dalam Philippe Coutinho,” ucap Klopp si situs resmi Liverpool, Minggu (7/1/2018).

“Bukan rahasia bahwa Philippe memang menginginkan kepindahan ini sejak Juli 2017, ketika Barcelona pertama kali mengungkapkan minatnya,” sambung Klopp.

“Philippe bersikeras kepada saya, para pemilik, bahkan rekan-rekannya bahwa dia sangat menginginkan kepindahan ini terjadi. Meski begitu, kami mampu menahan si pemain selepas bursa musim panas, dengan harapan kami bisa membujuk dia untuk bertahan dan menjadi bagian dari apa yang ingin kami lakukan.”

“Saya bisa mengatakan kepada suporter Liverpool bahwa, kami sebagai sebuah klub, telah melakukan segalanya untuk meyakinkan Philippe bahwa di sini sama menariknya dengan pindah ke Spanyol, tapi dia 100 persen yakin bahwa masa depan dia dan keluarga dia berada di Barcelona. Itu adalah mimpi dia dan sekarang saya yakin tidak ada lagi yang bisa kami lakukan untuk mengubah pikirannya,” tutupnya.

Coutinho dibeli Liverpool dari Inter Milan hanya senilai 8,5 juta poundsterling di 2013. Dia telah membuat lebih dari 200 penampilan untuk The Reds dan menyumbang 54 gol dan 46 assist di seluruh kompetisi.

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga ยป