Ini Daftar Cagub-Cawagub Diusung Partai Demokrat di Pilkada 2018

Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pilkada 2018, Partai Demokrat mengusung 17 nama bakal calon gubernur-wakil gubernur.

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebanyak 17 nama bakal calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) diusung Partai Demokral dalam  pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 ini.

?Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pengambilan keputusan calon yang diusung oleh partai berlambang mercy ini dilakukan oleh seluruh anggota mejelis tinggi, pengurus harian partai hingga senior Partai Demokrat.

“Pengambilan keputusan dilakukan mulai dari pengurus di majelis tinggi partai hingga pengurus harian. DPD sampai DPC hingga kader non-struktural seperti senior partai,” kata SBY dalam keterangan resminya di Kantor DPP Partai D?emokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2018), sebagaimana dikutip Okezone.

Adapun untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diusung Partai Demokrat adalah sebagai berikut:

1. Partai Demokrat mengusung JR Saragih dan Ance untuk Pillgub Sumut?. Partai Demokrat berkoalisi dengan PKB dan PKPI dalam mencalonkan kadernya sendiri tersebut.

2. Partai Demokrat mengusung pasangan Firdaus dan Rusli Effendi? dalam berkontestasi di Pilgub Riau. Adapun partai berlambang mercy ini berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

3. Partai Demokrat mengusung pasangan Ishak Mekki dan Yudha Pratomo? dalam mencalonkan kandidatnya di Pilgub Sumsel. Demokrat Berkoalisi dengan PPP dan PBB dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

4. Partai Demokrat mencalonkan M. Rido Ficardo-Helmi Hasan di Pilgub Lampung. Terdapat empat partai yang berkoalisi dalam kontestasi ini di antranya? PAN, Gerindra dan PPP.

5. Partai Demokrat kembali mencalonkan kadernya di Pilgub Jawa Barat. ?Pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi resmi berkoalisi sebagai calon kepala daerah di Tanah Pasundan. Partai Demokrat berkoalisi bersama? Golkar dalam mencalonkan keduanya.

6. Partai Demokrat sepakat untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilgub Jawa Tengah. Selain kedua partai tersebut petahana? Ganjar Pranowo dan Gus Yasin juga didukung Partai Golkar.

7. Partai Demokrat mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak untuk Pilgub Jawa Timur. Mensos bersama Bupati Trenggalek itu juga mendapat dukungan dari Partai Golkar, PAN, PPP, Nasdem, Hanura dan PKPI.

8. Partai Demokrat mengusung Ida Bagus Rai Dharmawijaya dan I Ketut Sudikerta di Pilgub Bali.

Demokrat, Gerindra, Golkar, Nasdem, PKS dan PBB berada dalam koalisi ini.

9. Partai Demokrat mendukung pasangan Zulkiflimansyah dan Siti Rohmi Djalilah di Pilgub Nusa Tenggara Barat (NTB). Partai ini juga berkoalisi dengan PKS.

10.? Partai Demokrat kembali mencalonkan kadernya sendiri di Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT). Kali ini Benny K. Harman berduet dengan Benny A. Litelnoni yang berkoalisi di PKS dan PKPI.

11. Partai Demokrat kembali berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilgub Kalbar. ?Karolin Margaret Natasa dan Suryadman Gidot dicalonkan lewat koalisi Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra, dan PKPI.

12. Partai Demokrat mendukung ?Syaharie Ja’ang dan Awang Ferdian di Pilgub Kalimantan Timur. Partai mercy berkoalisi dengan Nasdem dan PPP.

13. Partai Demokrat mengusung pasangan? Ichsan Yasin Limpo-Andi Kahar Mudzakkar di Pilgub Sulawesi Selatan. ?Belum ada koalisi dengan partai mana pun untuk kontestasi di Sumsel ini.

14. Partai Demokrat mendukung pasangan Rusda Mahmud dan Laode M. Sjafei Kahar di Sulawesi Selatan. Partai Demokrat berkoalisi dengan PPP dan PKB.

15. Partai Demokrat mencalonkan ?pasangan Said Assagaf dan Anderias Rentanubu di Pilgub Maluku. Tiga partai berkoalisi dalam kontestasi ini di antaranya Partai Demokrat, Golkar dan PKS.

16. Partai Demokrat mendukung pasangan Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin di Pilgub Maluku Utara. ?Partai mercy berkoalisi dengan PBB, Hanura, PKPI, PKB dan Nasdem.

17. Partai Demokat mencalonkan kadernya sendiri di Pilgub Papua. Pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal kembali didorong dalam kontestasi ini. Adapun koalisi yang dibangun adalah Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PKB, Nasdem, PKS, PAN, PKPI, PPP dan PBB.

Editor: | dalam: Politik |
Menarik Juga »