Selain Ahok, Politikus Dunia Ini Alami Perceraian

Politikus dunia mengalami perceraian.

Harianjogja.com, SOLO – Warganet Indonesia diramaikan dengan pemberitaan retaknya rumah tangga mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Veronica Tan.

Netizen menyuarakan kesedihan di berbagai platform media sosial. Hingga Senin (8/1/2017), pukul 14.10 WIB, berita perceraian Ahok menduduki peringkat pertama trending topic di Twitter Indonesia. Baca juga: Ahok Gugat Cerai Veronica Tan

Kabar perceraian Ahok dan Veronica dibenarkan Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Pihak pengadilan menyebut kuasa hukum Ahok mendaftarkan gugatan pada 5 Januari lalu. Baca juga: Netizen Patah Hati Ahok Gugat Cerai Veronica Tan

Tak cuma Ahok, perceraian juga pernah dialami oleh politikus dunia, berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara:

1. Paul Keating

Mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating berpisah dari istrinya Anita van Iersel pada 1998, namun baru resmi bercerai 2008. Saat berpisah, Keating sudah tidak lagi menjadi pemimpin pemerintahan Australia, ia menjabat pada 1991-1996.

Laman Sydney Morning Herald memuat pada 2004 lalu memuat wawancara dengan van Iersel, yang menceritakan Keating mengumumkan perpisahan mereka saat acara makan malam di rumah seorang teman.

2. Nicolas Sarkozy

Mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy menikah dengan istri pertamanya, Marie-Dominique Culioli pada 1982, keponakan dari Achille Peretti yang kala itu menjabat sebagai wali kota Neuilly-sur-Seine, juga salah seorang mentor politiknya.

Mereka resmi bercerai pada 1996. Tak lama berselang, Sarkozy, yang waktu itu menjadi wali kota Neuilly-sur-Seine, menikah dengan mantan model Cecilia Ciganer-Albeniz.

Sarkozy berpisah dengan Albeniz tak lama setelah ia terpilih menjadi presiden Prancis pada 2007. Kepada The Independent, Albeniz menyatakan ia meninggalkan Sarkozy karena “sepertinya dia lupa pada saya”.

Sarkozy menikah dengan penyanyi sekaligus mantan model asal Italia, Carla Bruni pada 2008 di Istana Elysee, istana presiden Prancis.

3. Nelson Mandela

Mendiang Presiden pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela, menikah dengan Winnie Madikizela pada 1958, setelah ia berpisah dengan istri pertamanya Evelyn Ntoko Mase.

Madikizela mendampingi perjalanan karier politik Mandela, sekalipun saat ia dipenjara pada periode 1962-1990. Keluar dari penjara, Mandela menjadi presiden pertama negara tersebut periode 1994-1999.

Laman The Independent memuat berita salah satu sidang perceraian Mandela dengan Madizikela pada 1996, setelah mereka menikah selama 38 tahun. Dalam berita tersebut, Mandela menyatakan tetap ingin bercerai dengan Madizikela karena tidak bisa lagi dipertahankan.

Mandela menikah dengan Graca Machel, politikus sekaligus janda dari Presiden Mozambik Samora Machel, yang tewas karena kecelakaan pesawat saat masih menjabat.

Machel, lebih muda 27 tahun dari Mandela, mendampingi sang politikus hingga ia meninggal pada 2013 lalu di usia 95 tahun.

4. Pangeran Charles

Kehidupan pribadi putra tertua Ratu Elizabeth II ini tetap menjadi sorotan meskipun ia sudah lama berpisah dengan istri pertamanya Diana Spencer, yang lebih dikenal dengan nama Lady Di atau Putri Diana.

Hingga kini, bahasan mengenai bagaimana keduanya bertemu, menikah pada 1981 sampai mereka berpisah pada 1996 dapat ditemui dengan mudah di dunia maya.

Setahun setelah mereka resmi bercerai, Lady Di meninggal karena kecelakaan mobil di Paris.

Charles, yang bergelar Prince of Wales, menikah dengan Camilla Parker Bowles pada 2005.

5. Donald Trump

Dua pernikahan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berujung pada perpisahan, hingga akhirnya ia bersama dengan Melania Knauss sejak 2005.

Trump, yang juga dikenal sebagai pebisnis, menikah dengan istri pertamanya model asal Ceko, Ivana Zelnickova pada 1977 di Manhattan. Pasangan ini dikaruniai tiga anak, Donald Jr, Ivanka, dan Eric.

Mereka berpisah pada 1992, setelah Trump diketahui berhubungan dengan aktris Marla Maples. Mereka menikah pada akhir 1993, memilik seorang anak bernama Tiffany.

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »