Wenger Tak Hoki Lagi di Piala FA

Nottingham Forest vs Arsenal (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Piala FA diwarnai dengan Arsenal yang tersingkir.

Harianjogja.com, NOTTINGHAM — Piala FA kerap memberi hoki bagi Arsene Wenger di kursi pelatih Arsenal. Pelatih berjuluk Profesor itu tercatat tujuh kali menjuarai turnamen sepak bola yang disebut-sebut tertua di dunia tersebut.

Wenger bahkan tercatat dalam sejarah sebagai pelatih yang paling sering menjuarai Piala FA. Musim lalu, dia memecahkan rekor George Ramsay yang mengangkat trofi Piala FA sebanyak enam kali. Di sisi lain, gelar Piala FA juga kerap menjadi penyelamat Wenger ketika Arsenal kering kerontang tidak mendapatkan satu pun gelar dalam semusim. Hal itu bisa dilihat pada musim lalu ketika The Gunners, julukan Arsenal, gigit jari di Liga Champions, Liga Premier, dan Piala Liga.

Namun, Piala FA bukan lagi turnamen kesayangan Wenger. Pasukan Wenger terdepak dari babak ketiga (babak 64 besar) setelah dipermalukan tim kasta kedua Champioship, Nottingham Forest, dengan skor telak 2-4 di The City Ground, Nottingham, Minggu (7/1/2018) malam WIB. Inilah kali pertama Arsenal terliminasi dari babak 64 besar selama 21 tahun ditukangi Wenger.

“Saya ucapkan selamat kepada Forest yang bermain sangat bagus. Mereka layak menang,” jelas Wenger, seperti dilansir Standard.co.uk.

Wenger memang tidak menurunkan skuat terbaiknya di laga ini. Pelatih asal Prancis itu melakukan sembilan perubahan ketimbang line-up yang diturunkannya saat menahan imbang Chelsea 2-2 di Liga Premier, Kamis (4/1/2018) WIB. Wenger mengakui dalam kondisi dilematis dalam menentukan skuat, karena dua hari kemudian timnya akan kembali turun melawan Chelsea pada leg pertama semifinal Piala Liga.

“Apakah ini masalah seleksi pemain? Mungkin. Apakah ini masalah performa individu? Mungkin. Saya paham pemilihan pemain dipertanyakan, namun itu hanya alasan kecil. Sebab kami punya delapan atau sembilan pemain internasional di lapangan,” jelas Wenger.

Bagi Nottingham, kemenangan atas Arsenal menjadi oase di tengah gurun pasir setelah mereka tak pernah menang dalam lima pertandingan terbaru di Championship. Nottingham memecat pelatih mereka, Mark Warburton, karena tim ini tidak beranjak dari medioker di Championship pada 31 Desember lalu.

Padahal Nottingham memiliki sejarah besar dengan menjuarai Divisi Satu Inggris (Liga Premier Inggris) pada 1977/1978 dan dua kali Piala Champions pada 1978/1979 dan 1979/1980. Tiket ke babak keempat Piala FA sontak disambut suporter Nottingham dengan berpesta.

“Tim sepak bola ini harus bermain melawan Arsenal, dan mampu mengalahkan mereka,” ujar caretaker pelatih Nottingham, Gary Brazil, dilansir Reuters.

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga »