Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 9 Januari

Anggota suku Yaqui yang menjadi tawanan Pasukan Kavaleri Ke-10 Amerika Serikat, 1918. (ringbrothershistory.com)Anggota suku Yaqui yang menjadi tawanan Pasukan Kavaleri Ke-10 Amerika Serikat, 1918. (ringbrothershistory.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 9 Januari dihimpun dalam tulisan berikut.

Harianjogja.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 9 Januari. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Januari, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Raja Umberto I. (Pinterest.com)

Raja Umberto I. (Pinterest.com)

1878
Umberto Ranieri Carlo Emanuele Giovanni Maria Ferdinando Eugenio di Savoia secara resmi dinobatkan sebagai raja di Italia menggantikan ayahnya, Victor Emmanuel II. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Raja Umberto I. Umberto I menjadi salah satu raja Italia paling terkenal karena tindakan otoriter dan represif kepada petani yang melakukan demonstrasi sehingga menyebabkan ratusan petani tewas. Ia memimpin Italia hingga akhir hayatnya pada 29 Juli 1900.

Presiden AS Richard Nixon. (Biography.com)

Presiden AS Richard Nixon. (Biography.com)

1913
Richard Milhous Nixon lahir di Yorba Linda, California, Amerika Serikat (AS). Ia kemudian dikenal luas sebagai presiden ke-37 AS yang menjabat dari 1969 sampai 1974. Nixon dikenal sebagai presiden pertama di AS yang mengundurkan diri dari jabatannya.

1916
Sehari setelah Sekutu memutuskan menarik pasukannya dari Gallipoli, Kesultanan Ottoman, semua tentara Sekutu akhirnya dievakuasi dari wilayah tersebut. Sebelumnya, pasukan Sekutu menyerbu wilayah Gallipoli selama hampir setahun demi merebutnya dari Kesultanan Ottoman. Namun sayangnya, upaya itu gagal.

1917
Pasukan Inggris menyerang pasukan Kesultanan Ottoman di Semenanjung Sinai, perbatasan antara Mesir dan Palestina. Inggris yang keemudian memenangi pertempuran tersebut berhasil merebut wilayah Semenanjung Sinai dari Kesultanan Ottoman.

1918
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil mengalahkan pasukan Yaqui—salah satu suku asli di tanah Amerika—dalam pertempuran di Lembah Beruang, Arizona. Pertempuran itu merupakan yang terakhir terjadi semasa Perang AS-Indian.

1921
Pertempuran antara pasukan Turki dan pasukan Yunani meletus di dekat Inonu, Ekskisehir, Turki. Pertempuran yang kemudian dikenang dengan nama Pertempuran Inonu itu berlangsung selama tiga hari dan berakhir dengan kemenangan Turki. Pertempuran Inonu merupakan pertempuran pertama di masa Perang Turki-Yunani.

1944
James Patrick Page lahir di Heston, Middlesex, Inggris. Namanya kemudian terkenal sebagai gitaris di salah satu band rok ternama legendaris, Led Zeppelin. Pria yang akrab disapa Jimmy Page itu kemudian meraih kesuksesan bersama Led Zeppelin dengan terjualnya lebih dari 300 juta kopi album Led Zeppelin.

1945
Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mendarat di Luzon, Filipina. Pasukan AS kemudian menyerang wilayah tersebut demi mengusir pasukan Jepang yang telah berkuasa di Filipina sejak 1942.

Lucas Pezzini Leiva. (Liverpoolfc.com)

Lucas Pezzini Leiva. (Liverpoolfc.com)

1987
Lucas Pezzini Leiva lahir di Dourados, Brasil. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool. Lucas membela Liverpool selama 10 tahun, dari 2007 hingga 2017. Setelah hengkang dari Liverpool, kini Lucas membela salah satu klub di Italia, S.S. Lazio.

1996
Kelompok separatis Chechnya yang berniat memisahkan diri dari Rusia menyerang wilayah Kizlyar, Rusia. Dalam salah satu peristiwa di masa Perang Chechnya I itu, ribuan warga sipil lantas menjadi sandera kelompok separatis Chechnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Januari

Editor: | dalam: Internasional |
Menarik Juga »