Persis Solo Berjudi dengan Kuota Pemain Senior

Pemain Persis mengikuti tes fisik di stadion Manahan, Solo, Rabu (10/1/2018). (JIBI/SOLOPOS/ SUnaryo Haryo Bayu)

Persis Solo mendatangkan banyak pemain senior pada bursa transfer kali ini.

Harianjogja.com, SOLO — Masuknya Sunarto, Johan Yoga dan Setiawan dalam gerbong transfer tahap kedua ternyata membuat Persis Solo sudah melewati kuota pemain senior yang ditetapkan PSSI musim lalu yakni lima pemain. Kini Laskar Sambernyawa memiliki tujuh pemain senior dari 19 skuat yang sudah dikontrak.

Hal ini tentu menjadi sebuah perjudian jika PSSI kembali menerapkan kuota lima pemain senior seperti musim lalu. Sebelum Sunarto, Johan Yoga dan Setiawan masuk, Persis sudah memiliki empat pemain yang berusia lebih dari 25 tahun yakni Bayu Andra, M. Wahyu, Tri Handoko dan Galih Sudaryono.

Kondisi tersebut bukannya tak disadari Manajer Persis, Freddy Muli. Pihaknya mengaku menghentikan sementara rekrutmen pemain sembari menunggu regulasi yang kemungkinan turun pada Sabtu (13/1/2018), berbarengan dengan Kongres PSSI. Freddy tak ingin berspekulasi dengan menambah pemain senior karena rawan mengganggu susunan skuat.

“Kami menunggu sampai regulasi turun. Setelah itu baru ada kalkulasi yang jelas soal perekrutan pemain,” ujar Freddy saat ditemui wartawan di Stadion Manahan, Rabu (10/1/2018) pagi.

Eks Pelatih PSS Sleman itu tak menampik timnya mengambil risiko dengan mengambil tujuh pemain senior sejauh ini. Jika regulasi sama seperti musim lalu, artinya ada dua pemain yang harus dikorbankan. Freddy menegaskan manajemen sudah memberitahu hal tersebut pada pemain senior yang telah dikontrak. “Ada kemungkinan perubahan kontrak jika regulasi tak memungkinkan,” ucapnya.

Saat ini Laskar Sambernyawa masih butuh empat pemain untuk mengisi posisi bek sayap (dua pemain), bek tengah dan kiper. Dalam sesi latihan Rabu, eks kiper Madiun Putra dan Persipasi Bekasi, Endang Subrata, coba mencari peruntungan dengan mengikuti seleksi. Usianya yang masih 25 tahun memungkinkan dirinya masuk skuat Persis jika dinilai berpenampilan ciamik.

“Kami juga masih menunggu kejelasan regulasi soal pemain asing. Jika memang terealisasi, ada kemungkinan kami mengontrak 23 pemain plus dua pemain asing,” terang Freddy.

Sekjen Persis, Dedy M. Lawe, mengatakan Persis akan kembali aktif di bursa transfer seusai Kongres PSSI akhir pekan ini. Ihwal tujuh pemain senior yang telah dikontrak, Dedy membenarkan ada klausul khusus tentang perubahan kontrak bila regulasi kompetisi tidak berubah. “Ada itu [perjanjian]. Pemain diberitahu saat tanda tangan kontrak,” ujarnya.

Editor: | dalam: Indonesia |
Menarik Juga »