Wisatawan ke Gunungkidul Tahun Ini Diprediksi Tembus 3,5 Juta Orang

Ratusan wisatawan mengantri untuk masuk ke dalam mulut gua obyek wisata Gua Pindul yang berada di dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Jumat (6/5/2016). (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)Ratusan wisatawan mengantri untuk masuk ke dalam mulut gua obyek wisata Gua Pindul yang berada di dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Jumat (6/5/2016). (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Pemkab Gunungkidul yakin kunjungan wisatawan akan meningkat.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Pariwisata Gunungkidul tahun ini menargetkan wisatawan sebanyak 3,5 juta orang. Diharapkan dengan target itu mampu meraup pendapatan sebesar Rp28 miliar.

Sekretris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukomono mengatakan target kunjungan wisata terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk 2018, diharapkan sekitar 3,5 juta pengunjung memadati kawasan wisata yang ada di Bumi Handayani.

Menurut dia, target ini harus dapat direalisasikan karena sudah menjadi tugas yang harus dipenuhi oleh Dinas Pariwisata. Ia pun optimistis, target tersebut dapat terpenuhi. Salah satunya mengacu pada tingkat kunjungan dari tahun ke tahun yang terus menunjukkan grafik peningkatan.

Sebagai gambaran, kata Hary, di 2014 jumlah kunjungan wisata masih di angka 1,9 juta pengunjung. Namun, di tahun lalu kunjungan wisata sudah mencapai 3.258.013 orang. “Ini yang membuat kami yakin jika target 3,5 juta pengunjung dapat terlampaui,” kata Hary kepada wartawan, Selasa (9/1/2018).

Dia menambahkan, naiknya target kunjungan wisata juga berdampak terhadap jumlah pendapatan dari sektor retribusi. Rencananya di tahun ini, pemkab menargetkan PAD pariwisata sebesar Rp28 miliar lebih. “Jelas ada peningkatan karena di tahun lalu, targetnya hanya sebesar Rp25 miliar dan bisa terealisasikan sebesar Rp26 miliar,” ujar mantan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata ini.

Menurut Hary, untuk mencapai berbagai target itu, dinas pariwisata telah menyiapkan berbagai agenda kegiatan, mulai dari atraksi pentas seni, olahraga hingga event lainnya untuk mendukung dalam upaya menarik wisatawan. “Semua sudah dipersiapkan misalnya seperti event panjat tebing di Pantai Siung, selancar di Wediombo, Baron 10K hingga gelaran geopark night specta,” imbuh dia.

Kepala Bidang Usaha dan Pemasaran, Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini mengatakan, pihaknya siap membantu dalam upaya mencapai target kujungan wisata ke Gunungkidul. Salah satu upaya yang dilaksanakan dengan menggencarkan promosi destinasi wisata yang dimiliki.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »