Meski Stok Aman, Kulonprogo Terus Tingkatkan Produksi Padi

Kulonprogo panen raya, sejumlah petani di areal persawahan Desa Giripeni, Wates merontokkan padi usai memanennya, Kamis (26/2/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)Ilustrasi panen raya (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Ketersediaan beras pangan untuk Kulonprogo berada dalam status aman

Harianjogja.com, KULONPROGO- Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyebutkan produksi padi pada 2017 mencapai 121.210 ton, berasal dari luas tanam seluas 18.938 Hektare (Ha) dan luas panen 19.425 Ha. Jumlah tersebut mengindikasikan ketersediaan beras pangan untuk Kulonprogo berada dalam status aman.

Ia menuturkan, Dinas Pertanian dan Pangan terus melakukan inovasi meningkatkan produktivitas padi dan cetak sawah baru dalam rangka mewujudkan Kulonprogo swasembada pangan.

Menurut Sutedjo, peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan menjadi penting, mengingat semakin tingginya permintaan akan komoditas padi, jagung dan kedelai, karena pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Oleh sebab itu, ketersediaan pangan dipandang sangat penting, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Kendati demikian, Sutedjo mengakui masih ada kendala yang dialami oleh Pemkab dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan. Antara lain alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian, rusaknya infrastruktur jaringan irigasi, semakin mahalnya upah tenaga kerja pertanian, masih tingginya susut hasil, belum terpenuhinya kebutuhan pupuk.

Selain itu, adanya kendala ketersediaan benih yang sesuai dengan rekomendasi spesifik lokasi, lemahnya permodalan pertanian, dan fluktuasi harga pada saat panen raya.

“Untuk mengatasi berbagai permasalahan pencapaian swasembada pangan tersebut, kami melakukan berbagai strategi. Beberapa di antaranya meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman melalui peningkatan ketersediaan air irigasi, benih, pupuk, alsintan, pengembangan jaringan irigasi, dan optimalisasi lahan,” terangnya, Jumat (12/1/2018), di sela panen raya, di Desa Jatisarono, Nanggulan.

Editor: | dalam: Kulon Progo |
Menarik Juga ยป