Sungai Meluap, Objek Wisata Kalisuci Ditutup Sementara

Sejumlah wisatawan saat bermain air di objek wisata cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu. Kamis (18/5/2017). (IST)Sejumlah wisatawan saat bermain air di objek wisata cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu. Kamis (18/5/2017). (IST)

Penutupan dilakukan karena ketinggian air sungai yang melebihi batas aman

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur pada Kamis (11/1/2018) tidak hanya merendam jalan di Pacarejo. Namun, kondisi tersebut juga berdampak terhadap keberadaan objek wisata cave tubing Kalisuci.

Kepala Desa Pacarejo Suhadi mengatakan, untuk sementara objek ini ditutup karena luapan aliran sungai di Kalisuci. “Ini demi keamanan sehingga pelayanan wisata di Kalisuci dihentikan sementara,” kata Suhadi, Jumat (12/1/2018).

Menurut dia, penutupan dilakukan karena ketinggian air sungai yang melebihi batas aman. Sementara, untuk akses cave tubing juga sangat bergantung dengan debit air di aliran sungai. “Untuk penutupan, kami belum tahu dilakukan sampai kapan. Yang jelas, untuk saat ini masih ditutup,” imbuhnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono juga membenarkan adanya kebijakan penutupan objek wisata Kalisuci. Menurut dia, penutupan merupakan langkah yang diambil pengelola demi alasan keamanan. “Sungai di Kalisuci meluap jadi belum bisa digunakan untuk cave tubing,” katanya.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »