GAGASAN
Ada Kabar Hoaks Apa Hari Ini?

Hoaks (foto: kominfo.gi.id).Hoaks (foto: kominfo.gi.id).

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (04/01/2018). Esai ini karya Yessita Dewi, penulis cerita pendek dan aktif di Buletin Sastra Pawon. Alamat e-mail penulis adalah yessitadewi@gmail.com.

Harianjogja.com, SOLOTung! Tung! Tung! Notifikasi telepon pintar saya berbunyi. Fungsinya sama dengan kentungan, yaitu pemberitahuan.  Sekarang ini siapa yang tidak bergantung pada telepon seluler? Kartu data murah, gawai terjangkau harganya, sambungan wifi mudah.

Kemudahan ini sangat berguna bagi ibu-ibu yang hidup pada zaman serbacepat dan terburu-buru. Saking terburu-burunya, mengantar anak sekolah kadang zig-zag di jalanan. Sudah banyak agenda untuk satu jam ke depan. Hebat kan? Ibu-ibu gitu loh.

Mengantar anak ke sekolah, berbelanja di pasar, memasak secara kilat, membereskan rumah, dan setelah itu  memulai aktivitas bisnis mandiri. Untuk yang berkarier di kantor, memasak dan merapikan rumah menjadi jadwal jam pertama.

Belum lagi jika ada kegiatan bersosialisasi dan silaturahmi bersama rekan-rekan, entah perkumpulan orang tua murid TK atau SD, pengajian TK atau pengajian SD, arisan TK atau arisan SD, yang SMP tidak ada acara demikian ini karena murid SMP sudah mandiri dan tidak terlalu sering banyak pertemuan orang tua murid, belum lagi setiap tahun berganti kelas.

Kegiatan demikian ini meniscayakan banyak grup media sosial yang diikuti kaum ibu. Dari sekian banyak ibu yang saya kenal–termasuk saya sendiri–aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp (WA), kemudian Facebook, dan disusul Instagram.

Dari sekian Whatsapp group (WAG), minimal lima grup yang aktif. Selain grup-grup orang tua murid ada juga grup alumni sekolah SD, SMP, SMA, kampus, angkatan, fakultas, dan sebagainya. Masih ditambah grup keluarga besar, keluarga kecil, keluarga  kandung, trah, dan sebagainya. Luar biasa banyak ternyata ketika dituliskan.

Selanjutnya adalah: Ternyata kata ”alumni” banyak turunan grupnya

Editor: | dalam: Kolom |
Menarik Juga »