Sinkhole Berpotensi Terjadi di Gunungkidul Tengah dan Selatan, Ini Cara Mengantisipasi

Kondisi tanah amblas di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo, Ponjong, Selasa, (6/2/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)Kondisi tanah amblas di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo, Ponjong, Selasa, (6/2/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Tanah amblas di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo, Ponjong disebabkan curah hujan yang tinggi dan adanya rongga dibawah tanah itu.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Ahli geologi UGM Wahyu Wilopo mengatakan tanah amblas di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo, Ponjong disebabkan curah hujan yang tinggi dan adanya rongga dibawah tanah itu.

Baca juga : Tanah Amblas di Ponjong Semakin Meluas, Belum Ada Upaya Penanganan

“Sinkhole kan biasanya dibawah ada rongga entah sungai bawah tanah atau goa, lalu erosi, karena dari atas terdorong beban air yang berat masuk sehingga menimbulkan lubang atau amblesan,” ujarnya, Selasa (6/2/2018).

Dia mengatakan daerah yang berpotensi terjadi amblasan di Gunungkidul yaitu di kawasan tengah dan selatan. Dimana pada wilayah tersebut merupakan tanah gamping atau karst yang memiliki rongga dan air mudah masuk. Sehingga menyebabkan amblasan.

Menurutnya untuk mengatasi itu cukup sulit. Hanya saja masyarakat dapat mengakali atau mengurangi terjadinya amblasan dengan membuat drainase yang baik.

“Masyarakat dapat membuat drainase yang baik sehingga air tidak tertampung ke wilayah rendah atau cekung. Kalau ada cekungan air mengumpul disitu dan berpotensi menyebabkan tanah amblas,” ujarnya.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Menarik Juga »