RAKERNAS ICA 2018
Serunya Memasak Pecel Pitik Bareng Chef Juna di Kota Solo

Chef Juna Rorimpandey (tengah) memandu peserta Fun Cooking Demo memasak menu pecel pitik, dalam rangkaian Rakernas Indonesian Chef Associations (ICA) di Aston Hotel Solo, Jumat (9/2/2018). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)Chef Juna Rorimpandey (tengah) memandu peserta Fun Cooking Demo memasak menu pecel pitik, dalam rangkaian Rakernas Indonesian Chef Associations (ICA) di Aston Hotel Solo, Jumat (9/2/2018). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Rakerna ICA 2018 dimeriahkan dengan acara memasak bersama Chef Juna.

Harianjogja.com, SOLO — Aroma terasi yang ditumis menyeruak saat Henry Alexie Bloem, Presiden Indonesian Chef Association (ICA), asosiasi juru masak Indonesia beraksi dalam Fun Cooking Demo, di Hotel Aston Solo, Jumat (9/2/2018). Tak berselang lama aroma terasi pun beradu dengan aroma tuna yang juga ditumis.

Tuna ditumis setengah matang. Hanya butuh waktu sekitar 8-10 menit saat menumis, lantas tuna diletakkan dalam wadah piring. Bloem kembali melanjutkan resep sambel mbe yang bahan dasarnya terasi ditumis tadi.

Sebelum menumis terasi, dia sudah lebih dulu mempersiapkan bawang goreng, bawang merah goreng, dan cabai rawit merah goreng. Ketiganya harus digoreng terpisah agar tekstur chruncy bawang gorengnya terasa. Ketiganya kemudian dicampur dengan terasi yang sudah ditumis kemudian ditambahkan garam dan air jeruk lemon. Sambal mbe siap disajikan.

Sambel mbe adalah sambal masak khas Bali. Kebetulan Bloem adalah chef asal Bali. “Ini komitmen kami anggota ICA untuk terus mempromosikan masakan nusantara,” kata Bloem, di sela-sela aksinya.

Ikan tuna dipilih hanya sebagai alternatif.  Bloem kemudian memberi nama resepnya, ikan tuna sambal mbe. Sambal mbe enak disantap bersama menu apa pun. Daging ayam, daging sapi, ikan laut, bahkan sambal mbe juga bisa menjadi teman yang nikmat saat ada nasi putih di meja makan.

Fun Cooking Demo membuka serangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ICA yang akan berlangsung hingga Minggu (11/2/2018). Selain Bloem, hadir pula chef Chandra Yudhaswara yang membuat menu galangel lemon grass and green chilli caramel chicken.

Fun Cooking Demo diikuti puluhan pecinta dan penikmat kuliner nusantara bukan hanya dari Solo tapi luar kota, Jogja bahkan Bandung. Mereka jauh-jauh datang ke Solo untuk tahu resep andalan bintang chef, Juna Rorimpandey. Juna berbagi resep pecel pitik.

Kehadiran Chef Juna di Fun Cooking Demo bikin peserta histeris. Mereka berebut untuk bisa masak bareng Chef Juna. Berbeda dengan dua chef sebelumnya, Chef Juna lebih banyak memandu dua peserta yang beruntung naik ke panggung dan membantu merela memasak.

Pecel Pitik

Kebetulan, selembar kertas berisi resep sudah ada di meja. “Saya pikir kalian sudah bosen melihat saya memasak jadi silakan siapa yang mau memasak, saya cukup menjadi pemandu,” ujar Chef Juna.

Menu pecel pitik rupanya menu favorit Juna. Bumbu rempah pecel pitik komplet, ada bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, merica bubuk hitam, cabe rawit merah, cabe merah besar, kencur, dan air kelapa. Bahan utamanya ayam kampung. “Jadi cita rasa Indonesianya sangat kuat, pokoknya Indonesia banget. Rasanya pun lengkap, asam, gurih, asin, pedas, semua ada,” tutur Juna.

Memasak bersama Juna makin seru saat Juna berinteraksi dengan audiens. Gayanya yang humoris kerap membuat audiens ger-geran. Pertanyaan-pertanyaan aneh, tidak hanya seputar resep, muncul dari mulut audiens.

“Chef, dalam resep pecel pitik itu kan ada bahan terasi. Chef Juna selain buat bikin sambel, sukanya terasi dipakai buat bikin apa lagi?” tutur Sarini, salah satu peserta asal Sukoharjo.

Juna pun menjawab sering menambahkan terasi saat kepepet makan mi instan. “Mi instan kan rasanya itu-itu aja, jadi saya sering tambah terasi. Biasanya sih digoreng dulu,” ungkap Juna.

Peserta asal Jogja, Yundi, mengaku sering mengikuti demo masak karena memang punya hobi memasak. “Kalau resepnya mudah dan terjangkau, biasanya selepas ikut acara demo masak begini nanti saya akan coba resepnya di rumah. Tapi kalau Chef Chandra itu biasanya menu dan bahan-bahannya agak susah dicari. Jadi nanti antara resep Chef Juna atau Bloem, pasti akan saya coba di rumah,” kata Yundi.

Saat demo masak, peserta yang beruntung berkesempatan membantu chef idolanya. Seperti Sarini, yang membantu Chef Chandra saat memasak ayam santan, galangel lemon grass and green chilli caramel chicken.

“Senang sekali rasanya bisa belajar langsung dengan chef. Jadi tidak hanya membaca resep, kalau belajar langsung jadi tahu persis bagaimana prosesnya,” ungkap dia.

Editor: | dalam: Kuliner |
Menarik Juga »