Tak Ada Lagi Pekan Normal di Liga Inggris

Jurgen Klopp. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Liga Inggris diwarnai dengan persaingan ketat di posisi kedua klasemen hingga kelima.

Harianjogja.com, SOUTHAMPTON — Persaingan menuju gelar juara Liga Premier Inggris kian membosankan setelah Manchester United (MU) ditekuk Newcastle United dengan skor 0-1 di Saint James Park, Minggu (11/2/2018) malam WIB. Kekalahan tersebut membuat MU tertinggal 16 poin dari pemimpin klasemen Manchester City hingga pekan ke-27. Namun hasil ini justru menghidupkan persaingan memperebutkan runner up liga.

Hal itu tak lepas dari Liverpool yang sukses menghajar Southampton dengan skor 2-0 di St. Mary, Senin (12/1/2018) dini hari WIB. Dengan kemenangan ini, The Reds mengantongi 54 poin atau hanya berjarak dua poin dari MU di posisi kedua. Tottenham Hotspur sewaktu-waktu juga bisa menyalip di tikungan karena sudah mengumpulkan 52 poin.

Demikian halnya Chelsea yang bakal mereguk 53 poin jika mampu mengatasi West Bromwich Albion, Selasa (13/1/2018) dini hari WIB. “Kami tak punya akhir pekan yang normal lagi. Kami ingin finis di empat besar dan butuh banyak poin,” ungkap Manajer Liverpool Jurgen Klopp, dilansir BBC, Senin.

Ancaman The Reds bukan hanya pesaing langsung di papan atas seperti United hingga Arsenal. Klopp justru mewaspadai tim papan bawah yang bakal bermain habis-habisan untuk mempertahankan diri di Liga Premier. Southampton yang sedang terjerembab di zona degradasi membuktikan menandingi agresivitas Sadio Mane dkk., terutama di babak kedua.

Penguasaan bola The Saints bahkan lebih banyak dibanding Liverpool yakni 52% berbanding 48%. Padahal Liverpool biasanya menguasai bola hingga 60% lebih kala menghadapi tim semenjana. Emre Can dkk. pernah mendikte Huddersfield dengan ball possession 75:25 untuk memenangi laga 3-0. “Itu bukan penampilan yang brilian, tak semuanya berjalan dengan baik,” ujar Klopp.

Di pertandingan lain, Jose Mourinho belum mampu memupus kutukan St. James Park setelah dipermalukan Newcastle 0-1 lewat gol tunggal Matt Ritchie. Itu menjadi kekalahan keempat Mou dari tujuh kunjungan ke St. James Park tanpa sekalipun meraih kemenangan.

MU sebenarnya punya beberapa peluang emas seperti tembakan Anthony Martial yang dua kali dibuang striker Newcastle, Dwight Gayle, tepat di depan gawang. Alexis Sanchez juga menyia-nyiakan peluang di depan gawang kosong karena terlalu lama mengontrol bola. Tembakannya kemudian mampu dimentahkan bek tuan rumah, Florian Lejeune.

Kiper anyar Newcastle, Martin Dubravka, juga berulangkali meredam serangan United. “Kami bisa saja ada di sini selama 10 jam dan tak mencetak satu gol pun,” cetus Mourinho. 

Editor: | dalam: Inggris |
Menarik Juga »