Mirip Wajah Tokoh Kartun, Sketsa Pencuri Dicemooh Warganet

Sketsa wajah (kiri) dan wajah pelaku pencurian (Kepolisian Lancaster via Ny Post)Sketsa wajah (kiri) dan wajah pelaku pencurian (Kepolisian Lancaster via Ny Post)

Kepolisian Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat merilis sketsa wajah pencuri yang mengundang cemoohan.

Harianjogja.com, PENNSYLVANIA – Sketsa wajah biasa digunakan polisi untuk mencari pelaku tindak kejahatan. Belum lama ini di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat, sebuah sketsa wajah pelaku pencurian menjadi bahan olok-olokan di media sosial (medsos). Namun, dari sketsa yang dianggap tak profesional itu tertangkaplah pelaku pencurian.

Dilansir Fox News, Rabu (7/2/2018), Kepolisian Lancaster merilis sketsa terduga pelaku pencurian uang di Central Market pada 30 Januari 2018. Sketsa tersebut digambar oleh saksi mata dan tak lama setelah diunggah di medsos, warganet meresponsnya dengan komentar candaan bernada merendahkan kualitas gambar.

Sketsa pelaku pencurian itu menggambarkan wajah seorang pria dengan dua titik sebagai mata dan angka tujuh terbalik sebagai hidung. Sketsa tersebut mengundang komentar kocak. Ada pengguna Facebook yang menyebut sketsa itu mirip wajah penyanyi Jason Mraz, bahkan ada yang menganggap sketsa tersebut mirip dengan teman asramanya.

Selain merilis sketsa tersebut Kepolisian Lancaster juga menyebutkan ciri-ciri pelaku seperti tinggi badan sekitar 160 cm, usia antara 30 sampai 40 tahun, rambut hitam, dan tulang pipi yang lebar. Tersangka juga dipercaya orang Asia atau Amerika Selatan.

Meski sketsat tersebut menjadi bahan candaan warganet, gambar wajah tersebut ternyata ampuh untuk menemukan pelaku. Dilansir Nypost.com, Kamis (8/2/2018), sketsa dan ciri-ciri tersebut membuat polisi mengkerucutkan pencarian dan menemukan calon tersangka.

Hunt Phuoc Nguyen, pria asia berusia 44 tahun cocok dengan ciri-ciri pelaku pencurian. Akhirnya kepolisian mengeluarkan surat penahanan dan menangkap pria tersebut.

Editor: | dalam: Peristiwa |
Menarik Juga »