Harian Jogja

Harian Jogja

Harian Jogja diterbitkan perdana pada 20 Mei 2008, bersamaan dengan perayaan Seabad Hari Kebangkitan Nasional, oleh kelompok penerbit Bisnis Indonesia. Surat kabar ini menjadi koran komunitas ketiga dari grup Bisnis Indonesia setelah Solopos di Solo dan Monitor Depok di Depok, Jawa Barat.

Harian Jogja dikemas untuk bisa dekat dengan karakter Jogja. Gaya penulisan, penggunaan tata warna, begitu dominan aspek lokal budaya Jogja. Menjadikan koran ini sebagai bagian Jogja, juga tercermin dari usul sapaan pembaca atas koran ini dengan panggilan Harjo (Mas harjo, Mbah Harjo, Pakde Harjo, Ki harjo). Sebuah nama sapaan khas setempat yang begitu akrab.

Wilayah edar koran ada di seluruh wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kota Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul).

Bersamaan dengan versi cetaknya, domain www.harianjogja.com pertama kali diluncurkan pada 20 Mei 2008.

Sejarah Harian Jogja

Dari gedung berlantai tiga di Perempatan Kentungan, Jl. Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebuah inspirasi untuk membuat sebuah koran baru di Jogja muncul. Berdasarkan data Nielsen Media Research, terungkap bahwa secara persentase, masyarakat Jogja dan sekitarnya merupakan komunitas pembaca media tertinggi di Indonesia.

Saat itu, tepat pada 17 Agustus 2007, Lulu Terianto dan Ahmad Djauhar sedang iseng mencari lokasi untuk kantor perwakilan Bisnis Indonesia di Jogja. Sugiharto Gunawan dari Maestro 90 menawarkan lokasi di Kentungan tersebut dengan harga sekitar Rp4,5 miliaran. “Tapi, apa iya kita butuh kantor sebesar itu,” ujar Lulu bernada tanya. Djauhar mengiyakan, “asal sekalian dengan membuat koran baru.”

Pertukaran wacana pun terjadi, meski hanya terbatas pada beberapa kepala. Ketika hal itu disampaikan ke Bambang Natur, dia pun merespons positif. “Wah, berani deh. Muhaimin dan Toto Iman Suparto [keduanya eks-Bisnis Indonesia] saja berani membikin koran baru di Solo, masa’ kita tidak berani.”

Dari rapat direksi PT JAG 24 Oktober 2007, dimulailah rencana pendirian koran baru di Jogja. Mulailah dipersiapkan tim untuk membuat studi kelayakan koran baru di Jogja. Nama awal yang diusulkan adalah Jogjapos. Maka dibentuklah tim beranggotakan Ahmad Djauhar (sebagai pemimpin proyek), Y.A. Sunyoto (meninggal dunia pada 2010, ketika itu menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Harian Monitor Depok), Yosep Bayu Widagdo (Redaktur Keuangan Bisnis Indonesia), Tomy Sasangka (Asisten Redaktur Umum/Politik Bisnis Indonesia), Engky Harnani (Manajer Pemasaran), dan Shanty Rahayu (Manajer Keuangan Bisnis Indonesia).

Laporan rinci tentang rencana pendirian koran baru di Jogja kepada Pemimpin Umum dan Pemimpin Perusahaan Bisnis Indonesia disampakan pada 5 April 2008. Pemimpin Umum pada prinsipnya mendukung gagasan tersebut. Saat itu, disepakati pula nama PT yang akan dibentuk adalah PT Aksara Dinamika Jogja.

Senin, 19 Mei 2008, diselenggarakanlah acara peluncuran Harian Jogja di Bangsal Kepatihan yang dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas serta sejumlah komisaris dan Direksi Bisnis Indonesia maupun Direksi Solopos untuk menyambut penerbitan perdana koran yang dimotori Y.A. Sunyoto, Y. Bayu Widagdo, Adhitya Noviardi, dan Engky Harnani tersebut keesokan harinya, 20 Mei 2008. Koran ini menjadi satu-satunya koran yang peluncurannya dilakukan di kantor Gubernur di Kepatihan, Danurejan, Jogja.

Hal yang cukup membanggakan pada Harjo—demikian masyarakat Jogja menyebut Harian Jogja—adalah dalam tempo singkat, selain menjadi trendsetter, juga koran peringkat kedua untuk pasar media cetak di DIY. Di tahun ketiga operasionalnya, Harian Jogja memiliki Stasiun Radio Star Jogja FM (didukung 26 karyawan). Kini, total karyawan yang bekerja di perusahaan itu mencapai 100 karyawan.

VISI

Mengawal dinamika dan nilai luhur budaya masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

MISI

Memberikan pilihan bagi komunitas Yogyakarta yang makin majemuk.

Memacu semangat masyarakat untuk membangun wilayah secara mandiri.

Menyebarkan romantisme ke-jogja-an bagi warga yang pernah memiliki keterpautan dengan wilayah ini.

Meningkatkan daya kritis masyarakat untuk mencapai cita-cita menuju bangsa yang cerdas.

ALAMAT & KONTAK

PT AKSARA DINAMIKA JOGJA

Jl AM Sangaji No. 41, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

No Telp. (0274) 583183 Hunting

Fax (0274) 564440

Email : redaksi@harianjogja.com, iklan@harianjogja.com, sirkulasi@harianjogja.com

STRUKTUR ORGANISASI

Pemimpin Perusahaan
Bambang Natur Rahadi

Direksi
Lulu Terianto (Presiden Direktur)
Bambang Natur Rahadi

REDAKSI

Pemimpin Redaksi
Anton Wahyu Prihartono

Dewan Redaksi
Ahmad Djauhar
Adhitya Noviardi
Arief Budisusilo
Bayu Widagdo
Suwarmin

Redaktur Pelaksana
Nugroho Nurcahyo

Redaktur Cetak
Arief Junianto, Budi Cahyana, Galih Eko Kurniawan, Laila Rochmatin, Maya Herawati, Mediani Dyah Natalia, Sugeng Pranyoto, Yudhi Kusdiyanto

Redaktur Online
Bhekti Suryani

Content Agregator
Kusnul Isti Qomah, Nina Atmasari

Manajer Sekretariat Redaksi
M.M. Foura Yusito

Reporter
Abdul Hamied Razak, Bernadheta Dian Saraswati, David Kurniawan, Fahmi Ahmad Burhan, Herlambang Jati Kusumo, Holy Kartika N.S, Jalu Rahman Dewantara, Jumali, Rahmat Jiwandono, Rheisnayu Cyntara, Salsabila Annisa Azmi, Sunartono, Ujang Hasanudin, Uli Febriarni, Yogi Anugrah.

Fotografer
Desi Suryanto, Gigih Mulistyo Hanafi

Tim IT
Budi Cahyono, Eko Purnomo

Asisten Manajer Produksi
Daniel Kristian

Tim Artistik
Andi Sutadji, Hendi Prabowo, Hengki Irawan, Kinanti Sakti, Muhammad Idhan Awaludin, Muhammad Nurbawa P.Y, Nanda Bagus, Tri Harjono, T.G. Sunu Jatmika, Zahirul Alwan

General Manager Pemasaran
Sri Pujiningsih

Manager Event
Eko Soetarmo

Asisten Manager Iklan
Agung Distriyanto

Manager Sirkulasi
Wisnu Wardhana